Selasa, 20 Desember 2011

Penggolongan Komputer

     Dalam Beberapa pertanyaan akhir-akhir ini dari Remaja siswa-siswi SMP & SMA/MK apa saja si "penggolongan komputer itu sampai sekarang dan bagaimana penggunannya serta ukurannya".

     Nah, Karena saya belum menerbitkan tentang informasi "Komputer" kini saya akan menjelaskan pertanyaan di atas pada blog ini dan mohon maaf apabila ada suatu penjelasan yang kurang jelas :


SENIN, 19 DESEMBER 2011, 04:20 WIB

Pendahuluan

       Komputer oleh beberapa ahli profesional digolongkan dalam beberapa sudut pandangan. Ada yang menggolongkan berdasarkan data yang diolahnya, Ada yang berdasarkan pengolahannya dan ada yang berdasarkan ukurannya.

Berdasarkan Data Yang Diolah

       Komputer digolongkan kedalam tiga golongan yaitu analog computer (komputer analog), digital computer (komputer digital), dan hybrid computer (komputer hibrid).

Analog Computer

      Komputer analog digunakan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk phisik, seperti misalnya arus listrik,temperatur,kecepatan,tekanan dan lain sebagainya. Output dari komputer analog umumnya adalah untuk pengaturan atau pengontrolan suatu mesin. Misalnya sebuah komputer analog digunakan untuk mengatur katup guna pengontrolan fluida yang mengalir lewat sebuah pipa, atau digunakan untuk mengatur temperatur di dalam suatu alat pembakaran. Komputer analog banyak digunakan pada proses pengontrolan pada pabrik kimia, pembangkit tenaga listrik, penyulingan minyak, rumah sakit untuk mengatur denyut jantung dan lain sebagainya.


Keuntungan dari Komputer analog adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran phisik dan langsung mengukur datatersebut tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu seperti pada komputer digital, sehingga proses dari komputer analog lebih cepat dibandingkan dengan komputer digital. Kerugian komputer analog adalah terletak pada faktor ketepatannya.

Digital Computer

        Data pada komputer analog diterima dalam bentuk kontinyu. sedang data yang diterima oleh komputer digital dalam bentuk angka atau huruf komputer digital biasanya digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik.


Keunggulan dari komputer digital adalah sebagai berikut :
  1. Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog.
  2. Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses.
  3. Dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai dan menentukan hasilnya yaitu membandingkan elemen nilai yang satu lebih kecil, atau sama dengan, atau lebih kecil sama dengan, atau lebih besar, atau lebih besar sama dengan, atau tidak sama dengan elemen nilai yang kedua.
  4. Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus.
  5. Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf, grafik maupun gambar.

Hybrid Computer


        Dalam aplikasi yang khusus, dibutuhkan sebuah komputer yang mampu menyelesaikan permasalahan lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.



Nah, Dalam gambar Komputer diatas ini  merupakan sebuah kombinasi dari komputer analog & komputer digital dan disebut dengan hybrid computer (komputer hibrid).

Berdasarkan Penggunannya

         Berdasarkan Penggunannya, Komputer digolongkan ke dalam special-purpose computer (komputer untuk penggunaan khusus) dan general-purpose computer (komputer untuk penggunaan umum).

Berdasarkan Ukurannya

       Berdasarkan ukurannya, komputer digolongkan ke dalam micro computer (komputer mikro), mini computer (komputer mini), small computer (komputer kecil), medium computer (komputer menengah), large computer (komputer besar), dan super computer (komputer super).


"Itu semua Penjelasan dari Penggolongan Komputer Beserta Lain yang di Rangkum secara Real (nyata), Semoga Penjelasan ini Bermanfaat dalam masyarakat atau Generasi Penerus (Baru).."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar