Sabtu, 07 April 2012

Keberhasilan Box Office Movie Indonesia: "THE RAID"

Hallo semua kawan-kawan, pada kesempatan malam minggu ini saya akan berbagi informasi mengenai Film Action Indonesia (The Raid) yang mendapatkan sebuah penghargaan dan Terpilihnya film ini untuk diputar pada beberapa festival film internasional. Maka kali ini saya akan mengulas informasi ini di Blog saya, berikut laporannya:

THE RAID


Mungkin sobat sudah tidak merasa asing lagi dengar kata The Raid, tetapi sobat kalau tidak tau apa itu The Raid di sini saya akan menjelaskan. The Raid adalah film aksi seni bela diri dari Indonesia yang disutradarai oleh Gareth Evans dan dibintangi oleh Iko Uwais. Pertama kali dipublikasi pada Festival Film Internasional Toronto (Toronto International Film Festival, TIFF) 2011 sebagai film pembuka untuk kategori Midnight Madness, para kritikus dan penonton memuji film tersebut sebagai salah satu film aksi terbaik setelah bertahun-tahun, sehingga memperoleh penghargaan The Cadillac People's Choice Midnight Madness Award. Terpilihnya film ini untuk diputar pada beberapa festival film internasional berikutnya, seperti Festival Film Internasional Dublin Jameson (Irlandia), Festival Film Glasgow (Skotlandia),Festival Film Sundance (Utah, AS), South by Southwest Film (SXSW, di Austin, Texas, AS), dan Festival Film Busan (Korea Selatan), menjadikannya sebagai film komersial produksi Indonesia pertama yang paling berhasil di tingkat dunia.

Film ini adalah kerja sama kedua antara Evans dan Uwais setelah film aksi pertama mereka, Merantau, yang diluncurkan pada tahun 2009. Dengan proyek ini, mereka hendak menonjolkan seni bela diri tradisional Indonesia, pencak silat, dalam tata laga mereka. Penata laga untuk The Raid adalah Iko Uwais dan Yayan Ruhian, sama seperti pada Merantau, dengan sejumlah ide dari Gareth Evans sendiri.

Berikut Sinopsis dari Film The Raid:
Di jantung daerah kumuh Jakarta berdiri sebuah gedung apartemen tua yang menjadi markas persembunyian para pembunuh dan bandit yang berbahaya. Sampai saat ini, blok apartemen kumuh tersebut telah dianggap tidak tersentuh, bahkan untuk perwira polisi yang paling berani sekalipun. Diam-diam di bawah kegelapan dan keheningan fajar, sebuah tim elit polisi penyerbu berjumlah 20 orang ditugaskan untuk menyerbu apartemen persembunyian tersebut untuk menyergap gembong narkotik terkenal yang menguasai gedung tersebut. Tapi ketika sebuah pertemuan dengan seorang pengintai membuka rencana mereka dan berita tentang serangan mereka mencapai sang gembong narkotik, lampu dalam gedung tiba-tiba padam dan semua pintu keluar diblokir. Terdampar di lantai enam dan tanpa jalan keluar, satuan khusus tersebut harus berjuang melawan penjahat-penjahat terburuk dan terkejam untuk bertahan hidup dalam misi penyerbuan tersebut.


The Raid, film laga karya Gareth Evans yang dibintangi Iko Uwais, menembus angka 1 juta penonton. Kabar angka 1 juta penonton ini diungkap akun Twitter resmi The Raid, Kamis (5/4) malam.Terimakasih atas dukungan Indonesia, jumlah penonton @THERAIDMOVIE mencapai 1JUTA!!!” tulis akun @THERAIDMOVIE. Sesaat kemudian pemain dan sutradaranya juga mengumumkan hal senada.

Thank you. #THERAID hits 1,000,000 Audience in Indonesia,” tulis Gareth Evans di akunnya @ghuwevans. Iko Uwais (@iko_uwais) menulis, “Alhamdulillah #THERAID sdh mncapai 1000.000 pnonton dlm wkt singkat.mkasih bnyk tman2,yg sdah m'cintai hsil karya anak bangsa.”
Sejak diputar serentak 23 Maret lalu, The Raid masih disambut antusias penonton film tanah air. Mengecek situs filmindonesia.or.id, Jumat (6/4) pagi, hingga pekan ini The Raid masih diputar di 149 layar bioskop. Jumlah ini lebih banyak dari film terlaris kedua di bawah The RaidNegeri 5 Menara yang tersisa 14 layar bioskop dan sudah mengumpulkan 734.928 penonton.
Jumlah 1 juta penonton terakhir diraih Sang Pencerah tahun 2010 silam. Hingga akhir masa tayangnya, seperti dikutip filmindonesia.or.idSang Pencerah meraup 1.206.000 penonton. Hingga saat ini, rekor jumlah penonton terbanyak dipegang Laskar Pelangi (2008) dengan 4,6 juta penonton. Di bawahnya ada Ayat-ayat Cinta (2008) dengan 3,5 juta penonton.
Sementara itu, di Amerika Serikat, mengecek situs Box Office Mojo, Jumat pagi, The Raid sudah mengumpulkan uang AS$ 582.442 atau setara Rp 5,3 miliar. Di AS, The Raid masih diputar di 46 layar bioskop. Selain di AS, The Raid juga dirilis di Australia dan Kanada. Tidak hanya itu The Raid mendapatkan sebuah penghargaan dalam Festival Sundance 2012 dan lain sebagainnya, berikut penghargaanya:
  1. The Cadillac People's Choice Midnight Madness Award, TIFF 2011
  2. Salah satu dari 11 film yang menjadi Spotlight dalam Festival Film Sundance 2012
  3. Terpilih menjadi penutup sesi FrightFest dalam Festival Film Glasgow 2012
  4. Audience Award dan Dublin Film Critics Circle Best Film dalam Festival Film Internasional Dublin Jameson 2012


Itulah laporan atau informasi mengenai Film Action Indonesia THE RAID yang saya bisa sampaikan, Semoga dalam hal ini Film-Film Indonesia yang lain Terus maju dan dapat menjadi yang Terbaik, seperti keberhasilan dari Film tanah air tersebut di atas, Sukses Terus Perfilman INDONESIA.

~ :: Ikuti Terus Informasi Selanjutnya :: ~

SALLAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar