Rabu, 15 Februari 2012

Ujian Nasional 2012

Waktu telah berlalu, hari demi hari berganti, pagi berganti siang dan siang berganti malam. itulah kehidupan yang saat kita jalani sekarang. Dengan hal ini saya akan berbagi kepada kalian semua khususnnya Pelajar siswa-siswi di Indonesia jenjang SMP/Mts,SMPLB,SMA/MA,SMALB, dan SMK mengenai UN (Ujian Nasional) 2012, informasi ini diperoleh dari Kompas.com yang saya rangkum khusus buat anda.
Berikut laporannya:


Ujian Nasional (UN) 2012

Selamat datang Ujian Nasional (UN) 2012,,, Mungkin para pelajar tidak asing mendengar ucapan ini karena sebagian besar para pelajar di Indonesia mengenal apa yang di maksud tentang ujian nasional itu. ok langsung saja ke topiknnya, Mungkin semua pelajar di Indonesia akan menyikapi UN yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 April 2012 mendatang. Ada yang telah mempersiapkan diri dari jauh hari,mengikuti bimbingan belajar dan les tambahan, mengulang pelajaran terdahulu dan mengerjakan latihan soal-soal ujian. Ada yang bersifat optimis, ada yang pesimis dan cemas, dan bahkan ada pula yang menyikapinya dengan biasa-biasa saja.


Untuk UN tahun ini sangatlah berbeda dengan UN tahun kemarin, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan akan menerapkan ''Formula Baru'' untuk UN 2012. namun untuk UN 2012 ini akan dilaksanakan lebih ''Ketat'' guna memperoleh hasil UN yang baik dan kredibel yang akan menjadi tolak ukur untuk jenjang SMA sebagai salah satu syarat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan begitu sebaliknya untuk jenjang SMK apabila ingin meneruskan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Siswa yang mengantongi nilai UN yang baik akan memiliki potensi lebih besar untuk lolos SNMPTN.


Namun, adanya penerapan formula baru UN 2012 ini tidak harus membuat adik-adik merasa cemas. Belum terlambat, gunakan waktu yang ada untuk mempersiapkan diri secara maksimal.
''Menurut Nuh'', yang harus diutamakan adalah peningkatan kredibilitas UN itu sendiri sehingga dapat menjadi bagian dari upaya menyatukan sistem. Sebelumnya, anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Djemari Mardapi, mengatakan bahwa Kemdikbud berencana menjadikan nilai UN tingkat SMA khususnya pada 2012 ini sebagai salah satu kriteria masuk PTN jika kredibel. Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005.


"Kredibilitas pelaksanaan UN nanti akan diukur melalui beberapa indikator, mulai dari laporan dari pengawas, guru, dan perguruan tinggi yang ditunjuk hingga perbandingan hasil UN antar daerah. Kami akan membentuk tim evaluasi untuk melihat kredibilitas pelaksanaan UN di masing-masing daerah," kata Djemari.

Menurut Guru Besar Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Prof Jamaris Jamna menilai, rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadikan ujian nasional 2012 sebagai salah satu syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN) merupakan penghargaan terhadap prestasi siswa. Menurutnya kebijakan ini bisa mengangkat kredibilitas UN.


Beda halnya dengan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sudjarwadi. Pihaknya menolak penggunaan nilai UN SMA pada tahun 2012 untuk dijadikan syarat penerimaan mahasiswa baru PTN. Menurut dia, nilai UN tidak serta-merta bisa dijadikan tes masuk PTN berbeda satu sama lain.

"Alasan itu pula yang melatarbelakangi UGM untuk tidak menerapkan nilai UN sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun depan," katanya.
     
Sudjarwadi mengatakan, UN diselenggarakan untuk mengukur hasil pembelajaran peserta didik selama tiga tahun. Sementara, tes masuk PTN diadakan untuk menjaring mahasiswa baru yang cocok dengan perguruan tinggi tersebut, dengan menggunakan tes multiobjektif yang saling menyatu.
"Berdasarkan pandangan akademik, nilai UN tidak bisa menjadi tes masuk PTN karena selain tujuan penyelenggaraannya berbeda, tes masuk perguruan tinggi menggunakan soal yang multiobjektif," katanya.



"UN" bertujuan menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada UN 2012 ini tidak ada ujian ulangan. Hal ini sebagai akibat dari penerapan formula baru dalam penentuan kelulusan.

Formula Baru UN 2012 memberi pembobotan 40% untuk nilai sekolah/madrasah dan 60% untuk nilai UN. Nilai sekolah/madrasah diperoleh dari gabungan antara nilai ujian sekolah/madrasah dan nilai rata-rata rapor:
  • Untuk SMP/Mts, dan SMPLB semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima)
  • Untuk SMA/MA dan SMALB semester 3 (tiga) sampai dengan 5 (lima)
  • Untuk SMK semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima).
Sekolah/madrasah mengumumkan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan paling lambat:
  • Tanggal 26 Mei 2012 untuk SMA/MA dan SMK
  • Tanggal 2 Juni 2012 untuk SMP/Mts,SMPLB, dan SMALB.
Dengan seiring berjalannya Ujian Nasional (UN) 2012 ini mungkin para pelajar akan merasa tegang atau merasa kebingungan, gausah perlu khawatir berikut ini adalah "Tips Menghadapi Ujian Nasional" antara lain:
  • Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
  • Tenang dan percaya diri.
  • Bersantailah tapi waspada.
  • Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas).
  • Jawab soal-soal ujian secara strategis.
  • Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.
  • Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.
  • Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
  • Analisa hasil ujianmu.
Itulah seputar mengenai "Ujian Nasional (UN) 2012" yang akan di hadapi para pelajar semua di Indonesia. Untuk itu, tetaplah semangat dan terus Optimis, Jaga kesehatan, dan jangan lupa untuk tetap berdo'a kepada Sang Pencipta.

"Mudah-Mudahan informasi ini bisa membantu siswa-siswi di Indonesia khususnya dalam menghadapi Ujian Nasional 2012 mendatang." ~~ :: Good Luck :: ~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar